Selasa, 03 Mei 2011

kencan dan pacaran

tadi membahas seputar kencan dan pacaran...

sekilas orang mengira sama saja, tapi ternyata beda loo...
kencan, seperti janji utk bertemu dengan seseorang lawan jenis.. namun dalam prosesnya, kencan tidak lebih intim dibandingkan pacaran.. kencan bisa dimulai akibat ketertarikan fisik, yang bisa berlanjut pada dorongan seksual. dalam kencan, tidak ada komitmen utk lebih dalam mengenali pasangannya. la, biasanya kita alami pada masa remaja..namun, bisa saja menjadi proses awal dari belajar untuk menyeleksi seseorang untuk berhubungan lebih dekat dengan kita..

naaah, kalo pacaran, jauh lebih dalam dan lebih intim dibanding kencan. pasangan lebih berkomitmen, lebih menentukan tujuan yaitu menuju pernikahan, tidak hanya sekedar mengenal pasangan.biasanya dialami saat masa dewasa muda, yang bertujuan mencari pasangan hidup.


naaah, topik ini terkadang menjadi isu yang masih diperdebatkan, perlu nggak sih?
apakah dengan kencan,pacaran kita bisa menentukan orang yang tepat?
gimana kalo yang belum pernah kencan, bahkan pacaran? karena ada beberapa budaya dan agama yang berperan dalam aturan-aturan tersebut.

menurut saya pribadi, kencan itu penting iya, namun tidak harus dilakukan.
kencan, sisi positifnya kita bisa mengenal orang, membantu kita bersosialisasi dan berkomunikasi, bahkan penggalian akan hal seksual. tapi jangan lupa, kita hidup bermasyarakat, memiliki budaya,nilai dan norma. tidak semua budaya bisa menerima akan hal tsb. kita pelajari dulu penerimaan masyarakat terhadap kencan yang akan dilakukan. jangan sampai bukannya dapet hal positif, malah dianggap negatif dan terjadi konflik.
negatifnya, tentu saja bila tidak terkendali, bisa menjurus ke penyimpangan, baik seksual, nilai dan norma.

makanya, dalam berkencan, kita harus waspada.. dan tentu harus punya pegangan prinsip yang kuat. jangan sampai kita mampu dipengaruhi untuk menjurus hal-hal yang tidak diinginkan.

sedangkan pacaran, bisa berbeda nama. namun, prosesnya tetaplah lebih intim dan lebih serius untuk menjalin komitmen. karena, tujuannya bukan hanya mengenal saja, tapi mencari pasangan hidup..lha, untuk masa remaja, bisa dibilang belum bisa mencapai fase ini.

akan tetapi.. semua itu tergantung dari perkembangan emosi, dan tingkat kematangan pikiran atau kedewasaan tiap individu.

nah, jadi tau kan, perbedaannya...
tentu saja, topik ini akan kita alami, atau bahkan sedang kita alami..
nikmatilah fase tersebut, tapi jangan sampai kita menjadi lupa dengan hal yang lain :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar