Senin, 16 Januari 2012

PKn, tak hanya sekedar tata negara

ketika ngobrol tentang pelajaran PPKn, dulu saat saya dan kakak menempuh sekolah dasar..mengingat tentang pelajaran apa saja yang diajarkan oleh guru.

dan memang benar dirasa, ketika saat ini, kurikulum mengenai kewarganegaraan untuk SD saat ini banyak berubah..

dulu.. saya diajarkan tentang tenggang rasa, berbudi pekerti baik, gotong royong dan perilaku moral lainnya. lalu saya harus memikirkan contoh-contoh perbuatan yang baik untuk orang lain dan masyarakat.

namun, tampaknya kurikulum ini sudah berganti.
saat ini materi yang diajarkan bukan lagi sepenuhnya perilaku moral yang diutamakan, namun lebih ke tatanegara kita.

memang, untuk jadi warga negara yang baik, kita harus mengenal tata negara, aturan, undang-undang negara sedini dan sebaik mungkin.

tetapi... saya beranggapan kualitas materi yang diajarkan tidak sepenuhnya baik. karena materi-materi yang mengandung etika, budaya, dan perilaku moral bermasyarakat dikurangi porsinya. sungguh disayangkan..

padahal.. sangatlah penting mendidik anak mengenai etika moral sejak dini. apalagi ditambah dengan anggapan orang tua bahwa sekolah adalah tempat menuntut ilmu.
sekolah tak bisa sembarangan menentukan ilmu yang akan diberikan, tapi tanpa adanya moral.

walah walah...

mau tau apa jadinya?
ya tak ada pembangunan 'filter' hati, tak ada upaya pengendalian diri terhadap nafsu, demi kebaikan bersama. semua bisa menjadi serakah, karena dasarnya manusia tidak pernah puas..

manusia punya nafsu, dan pengendalinya adalah pengetahuan kita akan moral.

bukankah menggelikan, jika kita pintar, tapi tak punya kendali diri?

1 komentar: