Senin, 03 Juni 2013

kebebasan beragama, positif kah?

baru dapat pelajaran yang banyaaak sekali dari dosen :) well, he is great lecturer. banyaak informasi yang bisa didapat hehehe
well... sekarang seputar kerukunan antar beragama... semua sudah tau lah, arti kerukunan beragama..tapi terkadang, isu ini sangat rentan akan penyalahgunaan. why? anggap saja ketika semua rukun, baik, salah satu pihak akan berusaha 'mendominasi' situasi yang rukun itu. nah, anggap saja begitu.

kerukunan memang tak lepas dari adanya toleransi. tetapi, toleransi tetap ada batasnya :)
jika toleransi berlebihan, ya itu tadi, jika ada pihak yang ingin menyalahgunakan kesempatan itu, wah bisa terjadi konflik.

ada isu mengenai kebebasan beragama. wah, memang benar sesuai UUD 1945 pasal 29, setiap orang memang berhak menentukan keyakinan mereka sendiri. tapi tetap perlu adanya suatu aturan yang mengikat. mengapa? supaya tidak ada kesalahpahaman dari arti 'kebebasan beragama'.

kebebasan ini jika terlalu dibiarkan, malah bisa menimbulkan banyak kejahatan. bayangkan saja, jika kebebasan beragama benar-benar bebas, bisa banyak orang yang mengaku nabi, tuhan, dan bisa berakibat fatal..

mungkin memang butuh kerukunan saja .. bukan kebebasan..
asal tidak menimbulkan konflik, toh tidak akan melanggar HAM :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar