Sabtu, 29 Januari 2011

Perbedaan

     wow, teman, pasti kalian sudah sangat mengenal kata ini, perbedaan. setiap detik, kita rasa, kita lihat, dan kita dengar. pernahkah kalian berpikir, bahwa perbedaan adalah hal yang simple, tapi kita terkadang terlalu membesar-besarkannya. iya, kini, itulah yang terjadi dalmm hidup kita..
      
      sekarang apapun yang berbeda, pasti dikesampingkan. padahal, kita tidak seharusnya seperti itu kan?
yah, memang tidak bisa dipungkiri, bahwa itu akan menimbulkan kontak sosial yang berupa konflik. layaknya hukum pasti, kalau ada perbedaan, pasti ada konflik. namun, konflik yang ada, juga bisa kita redam, kita minimalisir efeknya, betul?

     mengapa terjadi perbedaan? waahh panjang banget ni kalo diceritain. tapi saya berusaha sedikit menjabarkannya. yang saya pelajari dari sekolah, kita mengenal adanya informasi. informasi nggak hanya sekedar lisan, namun sesuatu yang dapat ditangkap oleh panca indera kita dengan baik. nah, dari proses penangkapan informasi, kita sebut sensasi.  dari sensasi tersebut, informasi diolah dalam otak, kemudian diseleksi dan bisa disimpan ke memori. hasil seleksi itu menjadi sebuah pengertian, dimana pengertian itu nanti, menjadi sebuah persepsi. persepsi inilah menjadi faktor penting mengapa kita bisa berbeda. why? kenapa?? karena setiap orang mempunyai persepsi yang berbeda, berdasarkan penyerapan informasi yang masuk ke dalam otaknya. hal ini juga dipengaruhi oleh pengalaman masa lalu yang individu punya. juga bisa dari faktor fisiknya. macem" deh....
          nah.. dari sinilah, dari penilaian individu yang berbeda, makanya ada berbagai macam adat, cara, tata krama, dan keyakinan. 
           lah, terus? bagaimana cara menghadapinya ya? itu tergantung dengan luasnya pengertian kita terhadap toleransi, juga pengembangan diri kita teman.... dengan kita mengembangkan rasa toleransi dengan logika yg pas, semoga aja deh, perbedaan bukan menjadi hal yang sulit menjadi harmoni yang indah ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar