Selasa, 22 Maret 2011

Underachiever, harus dihindari !

mungkin kata ini asing di telinga teman-teman,namun, akan dijelaskan di sini :)

underachievement, adalah suatu istilah yaitu ketidaksesuaian antar prestasi sekolah dan indeks kemampuannya. lebih ringkasnya, antar potensi yang dimiliki oleh anak, tidak sesuai hasilnya dengan kompetensinya.

contoh, mungkin si anak dites intelegensi, memiliki kategori di atas rata-rata. namun, pada kenyataannya, si anak malah mendapatkan nilai yang tidak begitu baik, saat ia belajar di sekolah.

underachiever,sebutan bagi anak yang mengalami underachievement, memiliki karakteristik utama, yaitu :
1. karakteristik primer, yakni sifat rasa harga diri rendah
2. karakteristik sekunder yakni perilaku menghindari. dalam konteks menghindari tugas yang diberikan,dsb.
3. karakteristik tersier yakni kebiasaan buruk saat belajar, daya konsentrasi kurang, masalah disiplin baik dirumah dan di sekolah.

apa sih, yang membuat seorang anak bisa menjadi underachiever?

bisa dari latar belakang keluarga, yaitu identifikasi dan model yang kurang baik.
keluarga memang menjadi pondasi bagi kehidupan kita. di dalam keluarga lah, kita memelajari semua dasar moral, pengenalan lingkungan saat kita lahir hingga 5 tahun pertama kehidupan.

nah, disinilah fase yang paling fatal, namun sering disepelekan oleh orang tua.
pada usia 1-5 tahun, mereka masih menajalni proses belajar dan pemrosesan informasi yang begitu cepat.
bayangkan saja bila orang tua salah asuh? apa yang akan terjadi dengan anaknya?

setiap anak memiliki potensi. namun, baik atau tidaknya potensi itu dimanfaatkan, tergantung dari pembangunan dasar moral dan karakter oleh orang tua.

kemudian latar belakang lingkungan..
ya setelah dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga, lingkungan luar juga memiliki peran penting yang bisa membuat anak menjadi underachiever.
jika anak, sudah memiliki karateristik primer, yaitu rasa harga diri rendah, bisa membuatnya semakin berpikir ia tidak diterima oleh lingkungan. dan jika terjadi, lingkungan pun bisa membuatnya tertekan. dan akhirnya? ia tidak merasa nyaman dengan lingkungan, juga dalam memaksimalkan potensinya ke dalam kompetensi yang ada. yang rugi? ia sendiri.

jika teman-teman menemukan atau bahkan menyadari diri sendiri merupakan underachiever, ayo bangkit, dan dukunglah, ubahlah mereka menjadi lebih baik !
ini merupakan masalah individu yang bisa berakibat fatal, karna merupakan masalah psikis yang bila terlanjur akan merugikan dalam jangka panjang..
buatlah mereka nyaman dengan kita, dengan lingkungan yang ada di sekitar.
bukankah manusia mahluk sosial? jika iya, harusnya kita membantu saudara kita :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar